News Update :

PORTAL BERITA KIDUL KALI DESA BLIGO RW.06

PORTAL BERITA KIDUL KALI DESA BLIGO RW.06

Cara Atasi Anak yang Tak Kunjung Lancar Bicara

Senin, 03 Desember 2012



ANAK saya enam tahun belum lancar bicara. Dia sudah sekolah tetapi tidak mau belajar, tidak mau nulis, bahkan membaca menirukan masih belum bisa.

Kalau menatap, pandangannya agak kosong. Yang menyedihkan, di lingkungannya dia sering diejek teman-temannya. Mohon bantuannya. Terima kasih atas solusi yang diberikan

Emy Nur’aini, Pondok Kelapa



Jawaban:

Anak usia enam tahun seharusnya sudah dapat mendefinisikan kata-kata berdasarkan fungsi dan sifatnya, mengucapkan kalimat yang kompleks, menggunakan semua bagian kalimat (kata kerja/benda/sifat/kata sambung/depan).

Dari cerita ibu, sebaiknya anak ibu perlu segera dibawa ke klinik tumbuh kembang anak, psikolog atau psikiater untuk diperiksa lebih lanjut. Ibu bisa lebih memberikan detail pada dokter atau psikolog terkait masalah anak ibu, misalnya apakah belum lancar bicara yang dimaksud adalah bicara tidak jelas, susunan kata terbalik, atau tidak bisa mengekspresikan tujuan.

Apabila terdapat gangguan bicara pada usia tersebut perlu kita pikirkan apakah anak terganggu pendengarannya, terhambat perkembangan mentalnya, menderita autisme, mengalami gangguan bicara ekspresif atau campuran, atau mengalami gangguan fonologi /pengucapan kata. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan yang mendalam oleh ahlinya. Dalam hal ini ibu bisa mencoba membawa anak ibu ke piskolog atau klinik tumbuh kembang anak untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.


Dr. Cecillia Jaunette, M.Kes, Sp.KJ
Spesialis kedokteran Jiwa/psikiater
RS Awal Bros Tangerang

(tty)
Share this Article from Kidulkali Pos on :

0 komentar :

Posting Komentar

 
© Copyright KIDULKALI POS | Beritane Wong Kidul Kali 2015 | Update News Kota Sidoarjo | Published by M19 | Nggawe Guyup Ing Wargo Mengabarkan dari Pinggiran Kota Udang .